Selasa, 21 November 2017

cara buat relay dinamo stater mobil dengan mudah

Panduan cara buat relay dinamo stater dengan mudah dan bisa di buat sendiri dirumah. Sebelumnya kenapa harus buat relay untuk dinamo stater?, ya langsung saja jawabannya adalah waktu swict kontak di start ternyata gak kuat dan suaranya seperti dinamo stater keberatan beban ( keterangan aki dalam keadaan normal dan tidak sowak / ngedrop) .gejala seperti itu biasanya terjadi karena swict stater atau kabel stater sudah tidak bisa bekerja dengan maksimal di karnakan kabel sudah tidak bisa mengalirkan arus listrik dengan sempurna , maka harus di buatkan relay agar fungsi nya dapat sempurna lagi.

Langsung saja kita siapkan peralatannya :
- relay 12v kaki 4
- soket relay
- sekun tancep kabel buat terminal relay ,
- Sekun kolong untuk terminal aki (+), terminal massa (-)
- kabel ukuran sedang (jangan terlalu kecil / besar)
- sekring 30a dan box sekring 
Jika alatnya sudah terkumpul sekarang kita buat rangkaian relaynya.


- pertama kita pasang sekun tancep di kabel pakai tang untuk mengeklaim sekun ke kabel, pasang di kode relay 30 menuju kabel besar bermuatan (+) yang ada di selenoid dinamo stater biasanya kabel besar yang ada sekun kolongnya yang di mur pakai mur kunci 12 atau 13 atau 14 .tempatkan relay dekat dinamo stater untuk lebih mudah pemasangannya ( untuk mobil kijang bensin pasang relay di dekat aki saja, karena posisi dinamo stater di bawah manipol buang)
- kedua kita pasang sekun tancep pakai tang seperti tadi di kabel dan tancapkan di kode relay 86 lalu ujung kabelnya menuju kabel swict kontak ( atau kabel yang nancap di selenoid dinamo stater.
- ketiga kita pasang dan klem sekun tancep kekabel tancapkan ke kode relay 87 menuju terminal selenoid jangan lupa pasang sekun tancep lagi . langsung tancapkan saja di terminal selenoid .
- keempat kita pasang kabel massa (-) di baut massa di sekitarnya atau bisa juga di baut dinamo stater yang bermuatan negatif (-). 
Selanjutnya tinggal di start kontaknya. Di jamin langsung jrennnnggg... ( jangan lupa lepas kabel pull aki (-) negatif untuk keamanan memasang relay.


Untuk mobil kijang bensin pasang relay di dekat aki karena ada kabel menuju selenoid. Pakai soket di dekat aki. Tinggal lepas soketnya yang menuju dinamo stater sambung ke kode relay 87 sedangkan kabel pasangan soket tadi yg dari swict kontak itu sambung ke kode relay 86 dan ulangi kabel kode relay 30 dan 85seperti di atas. 

Ini gambar rangkaian kabelnya
Semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa share keteman anda.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara mengatasi suara srek-srek dan indikator aki menyala pada innova diasel

 Cara mudah dan murah mengatasi suara srek-srek yg dibarengi dengan indikator aki menyala pada innova diesel ini sering terjadi dan dialami ...